Tuesday 10 November 2020

Cara Mengubah File Word ke PDF untuk Office 2007, 2003 dan Versi di bawahnya


Vimeloka.com | Bagi kamu yang masih menggunakan Microsoft Office 2007 dan versi di bawahnya, biasanya mengubah file Word, Excel atau dokumen lainnya ke PDF harus bantuan media lain, contohnya lewat aplikasi online. 

Nah, kali ini kamu bisa mengubah File tersebut ke PDF walaupun menggunakan Microsoft Word 2007 dan versi di bawahnya.  Karena secara default, tidak ada fitur Save As PDF di  Microsoft Office 2007 dan versi di bawahnya, maka yang perlu dilakukan adalah meng-install Add-in tambahan yang disediakan oleh Microsoft. Ikut langkah-langkah berikut ini untuk meng-install Add-in tambahan:

  • Unduh / Download Plugin atau Add-in untuk Microsoft Office 2007 dan versi di bawahnya. Plugin atau Add-in ini gunanya untuk memunculkan opsi Save As PDF pada file yang akan disimpan. Silakan klik gambar berikut untuk mengunduh Plugin atau Add-in tersebut


  • Selanjutnya, buka dokumen yang ingin dijadikan PDF.
  • Pada bagian pojok kiri atas, klik icon Office, lalu klik Save As >> Klik PDF or XPS.



  • Setelah itu akan muncul seperti gambar berikut ini. Pada bagian Save As Type, pilih PDF, kemudian klik Save.


  •  Selesai.

Itulah cara mengubah File ke PDF di Microsoft 2007 dan  versi dibawahnya. Cara ini berlaku tidak hanya untuk Microsoft Word saja, tetapi juga untuk Microsoft Excel, Power Point, dan produk Microsoft lainnya.

Selamat mencoba!



Written by: Uswatun Hasanah
Vimeloka.com, Updated at: November 10, 2020