Saturday, 27 April 2019

Bingung Cara Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan? Ini Tipsnya


Vimeloka.com | Sebagian dari kita bingung gimana cara mengatur keuangan di Bulan Ramadhan. Bisa dikatakan mengatur keuangan di bulan tersebut sedikit tricky karena kalau salah perencanaan akan berdampak di bulan berikutnya. Nah, agar tidak salah perencanaan, ada baiknya mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini. Yuk disimak, bagaimana cara mengatur keuangan di Bulan Ramadhan.

  • Buatlah Prioritas
Yang harus dilakukan kali pertama mengatur keuangan adalah membuat prioritas. Tentukan mana kebutuhan yang harus dipenuhi di Bulan Ramadhan dan mana yang tidak. Kalau perlu buat skala prioritas agar mudah menentukannya.

  • Rencanakan Keuangan
Setelah membuat prioritas mana kebutuhan yang harus dipenuhi selama bulan Ramadhan dan mana yang tidak, langkah selanjutnya adalah membuat rencana keuangan. Di Bulan Ramadhan biasanya ada pengeluaran tambahan seperti zakat, baju lebaran, parsel / bingkisan lebaran, uang lebaran, kue lebaran, mudik dan lain-lain. Di bagian ini sangat penting diperhatikan agar keuangan kamu di Bulan Ramadhan dan di bulan berikutnya bisa berjalan dengan baik. Selain itu, sebaiknya kamu memasukkan dana cadangan pasca lebaran ke dalam perencanaan keuangan.

  • Tentukan Sumber Keuangan
Langkah selanjutnya adalah menentukan sumber keuangan yang kamu miliki untuk memenuhi kebutuhanmu di Bulan Ramadhan. Biasanya di Bulan Ramadhan, ada THR yang mana kamu bisa pergunakan untuk kebutuhanmu, nah alokasikan dengan sebaik-baiknya. Atau kamu ada sumber keuangan lain yang bisa kamu pergunakan untuk memenuhi kebutuhan di Bulan Ramadhan. Semua itu kamu harus perhitungkan dengan benar.

  • Alokasikan Dana
Selanjutnya cara mengatur keuangan di Bulan Ramadhan adalah alokasikan dana yang kamu miliki dengan sebaik-baiknya sesuai dengan rencana keuangan yang sudah kamu buat sebelumnya. Perhatikan juga sumber dana yang kamu ingin alokasikan untuk memenuhi kebutuhan kamu selama Bulan Ramadhan.

  • Catat Semua Pengeluaran
Di Bulan Ramadhan, biasanya ada banyak hal yang menggoda pikiran kamu untuk dibeli. Iklan dimana-mana, mulai dari makanan, baju lebaran, bingkisan lebaran dan sebagainya yang pastinya menggoyahkan apa yang sudah kamu rencanakan. Ingat! Kamu sebaiknya berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan catat semua pengeluarannya.

  • Evaluasi Rencana dan Pelaksanaan
Selama Bulan Ramadhan, sebaiknya kamu melakukan evaluasi rencana dan pelaksanaan agar bila ada pengeluaran yang tidak sesuai, kamu bisa segera perbaiki.

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengatur keuangan di Bulan Ramadhan. Cara ini memudahkan kamu mengatur keuangan secara detail di Bulan Ramadhan. Selamat mencoba! :)




Written by: Uswatun Hasanah
Vimeloka.com, Updated at: April 27, 2019

0 comments:

Post a Comment