Tuesday, 8 January 2019

Cara Mengubah Http Menjadi Https pada Blogger atau Blogspot


Vimeloka -- Bagaimana cara mengubah Http menjadi Https pada Blogger atau Blogspot? Cara setting Http menjadi Https tidaklah sulit, yang dibutuhkan hanya ketelitian karena salah setting sedikit, bisa fatal. Awalnya sedikit khawatir tentang cara bagaimana setting, traffic dan data yang telah ke-record sebelumnya di Google Analytics dan Google Search Console. Namun, untuk meningkatkan keamanan pengguna website, diputuskan untuk mengubah Http menjadi Https.

Sebelum lanjut ke bagian setting, domain yang diubah menggunakan Blogspot, bukan Wordpress. Nah, bagi kamu yang ingin mengubah Http menjadi Https di Blogspot, berikut langkah-langkahnya.

Pada setting ini, akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu, Setting di blog, Setting di Google Search Console dan Google Analytics.

Setting Https di Blog


  • Buka bagian Setting à Basic di blog kamu.
  • Klik Yes di bagian Https Availability dan Https Redirect. Di bagian ini, kamu tidak perlu klik Save karena sudah otomatis tersimpan jika kamu klik salah satu perubahan.


  • Tunggu beberapa saat. Untuk mengecek apakah berhasil atau tidak, buka alamat blog kamu misalnya xyz.com, browser akan otomatis me-redict yang sebelumnya Http menjadi Https.
  • Done. Sampai di sini untuk tahap setting di Blogspot.
Langkah selanjutnya adalah kamu mendaftarkan Https di Google Search Console.

Setting Https di Google Search Console

  • Buka Google Search Console à Add Property.  >> Masukkan domain yang ingin kamu tambahkan di Google Search Console, misalnya https://www.xyz.com

  • Klik Sitemaps àAdd a new sitemap. Di bagian ini kamu akan menambahkan sitemap atau peta situs. Lihat di bagian kolom Add a new sitemap, masukkan sitemap.xml, kemudian klik Submit. Tunggu beberapa saat, jika berhasil di bagian status akan tertera Success.


Setelah kamu menambahkan property Https di Google Search Console, di bagian tersebut tidak langsung ada data yang bisa kamu lihat. Search Console akan mengumpulkan data selama 3 bulan, baru kamu bisa melihat grafik data site kamu. Jika kamu klik di bagian Overview, datanya tidak ada atau masih kosong, normalnya tunggu sekitar 3 bulan untuk Google Search Console mengumpulkan data blog kamu. Namun, bila ingin memantau traffic, sebelum 3 bulan data sudah ada. Selanjutkan, jangan lupa untuk setting di Google Analytics.

Setting Https di Google Analytics

  •  Buka akun Google Analyics à Admin.

  • Klik bagian Property Setting

  • Dari Property Setting à Default URL. >> Di bagian ini kamu mengubah Http menjadi Https. Ganti Http menjadi Https à lalu klik Save


  • Masuk kembali ke bagian Property Setting di Google Analytics. Di sini kamu masih perlu mengubah settingan lainnya yaitu Adjust Search Console.
Caranya:
>>Buka kembali bagian Property Settings à klik Adjust Search Console à klik Delete blog yang menggunakan Http. Di bagian ini akan di-redirect ke Google Webmaster Tool.
>> Ulangi lagi buka Property Settings à Adjust Search Console à Pilih Site Https yang diinginkan à klik Save.
>> Ulangi lagi buka Property Settings à Adjust Search Console. Pastikan site Https yang dipilih sudah benar à klik Save.



Berikut ini tampilan yang sudah di setting Https.



Sampai di sini tahapan setting Http menjadi Https. Sehari setelah settingan ini, tidak ada data traffic di Google Search Console tetapi status Sitemap success, tetapi traffic di Google Analytics menurun jauh. Saya mengubah settingan ini per 26 Desember 2018. Kita lihat apakah 3 bulan ke depan ada perkembangan atau tidak dengan mengubah Http menjadi Https.

Setelah beberapa hari mengubah settingan Http menjadi Https, yang tadinya data kosong di Google Search Console, sudah mulai ada data terekam. Untuk traffic yang tadinya turun, sudah mulai naik perlahan data per 7 Januari.

Link Http yang sebelumnya kamu share ke sosial media atau forum, tidak perlu kamu ubah menjadi Https karena link tersebut akan me-redirect langsung menjadi Https, jadi tidak perlu khawatir, misal: kamu menyebar link Http blog kamu di google+, saat kamu klik link tersebut, otomatis akan terbuka menjadi link Https.

Itulah cara mengubah Http menjadi Https pada Blogger atau Blogspot. Semoga bermanfaat!
Cheers ^^v


Written by: Uswatun Hasanah
Vimeloka.com, Updated at: January 08, 2019

2 comments:

  1. Kalau blog saya ngak belum pakai https, khawatir indeksnya lama dan trafik blog jadi turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk indeks gak ada masalah, lumayan cepet kok. Traffic blog setelah setting https malah ada peningkatan dibanding sebelum pakai https.

      Delete