Tuesday 1 January 2019

Small Talk: Kartu Indosat Hangus, Apakah Bisa Diaktifkan Kembali?


Vimeloka.com - Kartu Indosat hangus? Apakah bisa diaktifkan kembali? Awalnya saya jarang mengecek masa aktif kartu IM3. Alhasil, sewaktu dicek kartu Indosat sudah hangus sekitar 4 minggu yang lalu dan sudah tidak bisa melakukan panggilan dan tidak bisa menerima SMS. Kartu ini sudah saya pakai sejak kuliah dan sudah banyak tersebar kemana-mana, sayang juga kalau harus merelakan nomor ini jatuh ke orang lain.  

Untuk mengaktifkan kartu Indosat hangus, saya mencoba datang ke salah satu Galeri Indosat di  Kuningan Jakarta (I don’t wanna mention the exact Indosat Galery, please DM me if you wanna know). Customer Service-nya mengatakan kalau saya ingin mengaktifkan kembali, maka saya harus membayar Rp 110.000 dan kartu menjadi pasca bayar, itu sudah termasuk paket data 36 GB (lupa-lupa ingat). Bagi saya, dengan paket data sebesar itu, sebenarnya saya belum membutuhkan dan saya harus membayar tagihan setiap bulannya Rp 110.000. Selain itu, kalau selama 3 bulan, tidak membayar tagihan pasca bayar maka kartu otomatis hangus. 

Setelah mengecek informasi di internet untuk kartu hangus ada kemungkinan bisa diaktifkan lagi atau tidak.  Saya menemukan ada gerai yang bisa mengaktifkan kartu yang bermasalah dengan biaya Rp 35.000, itu sudah termasuk pulsa Rp 25.000. Yah, Galeri Indosat Daan Mogot, Jakarta Barat menjadi tujuan saya untuk mengaktifkan kembali nomor IM3 yang hangus. Untuk menjangkau Galeri Indosat Daan Mogot tidak sulit, kamu bisa naik busway dan turun di Halte Pesakih. Kalau dari Halte Kuningan Timur, kamu naik yang arah Grogol 2, kemudian transit di Grogol 2, naik arah Kali Deres dan terakhir turun di Halte Pesakih. Jarak dari Halte Pesakih ke Galeri Indosat Daan Mogot sekitar 0,7 km dan kamu bisa naik Gojek Rp 8000 untuk sampai tepat di depan galerinya. Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, tempat ini juga mudah dijangkau dan tersedia parkir yang cukup luas karena letaknya dideretan ruko.


Setelah sampai, saya langsung menanyakan apakah kartu Indosat saya masih bisa diaktifkan kembali atau tidak. Customer Service-nya langsung mengecek dan ternyata kartu saya benar hangus, awalnya saya kira diblokir tetapi ternyata sudah hangus:(. Secercah harapan masih ada ketika CS-nya mengatakan kartu IM3 bisa diaktifkan kembali dengan membayar biaya Rp 35.000 dan menunjukkan KTP dan SIM Card lama. Tidak pakai lama, tidak pakai ribet, kartu saya aktif kembali :).

Form Pengisian Customer
Yang harus kamu perhatikan adalah jangan lupa membawa KTP dan SIM Card lama serta uang Rp 35.000 tentunya. SIM Card lama kamu akan diganti dengan SIM Card baru, jadi make sure nomor yang kamu simpan di SIM Card lama, lebih baik dipindahkan dulu karena SIM Card lama akan diambil dan kemudian diganti dengan yang baru, jadi otomatis nomor yang kamu simpan di SIM Card lama hilang. Alhamdulillah, saya menyimpan nomor di device HP sehingga walaupun ganti kartu yang baru, bagi saya tidak masalah karena tidak ada nomor yang disimpan di SIM Card lama. Selain itu, selama 6 bulan kedepan, jangan sampai lupa mengisi pulsa karena apabila Kartu IM3 hangus lagi, maka tidak bisa diaktifkan kembali.

Itulah cara mengaktifkan Kartu Indosat hangus, semoga bermanfaat. Ada yang bernasib sama dengan saya?


Update :
Cara di atas sudah tidak berlaku lagi dan pihak Indosat mengharuskan untuk beralih dari pra bayar menjadi pasca bayar untuk kartu yang sudah hangus atau diblokir dengan membayar sekitar Rp 110.000 ditagihan pertama, kemudian setiap bulannya dengan tagihan sekitar Rp 80.000. 


Baca juga:






Written by: Uswatun Hasanah
Vimeloka.com, Updated at: January 01, 2019