Thursday, 9 May 2019

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mencegah Plak Gigi dengan Mudah!


Vimeloka.com | Hai! Ada yang tahu gimana mencegah plak gigi? Untuk mencegah plak gigi tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kenali keluhan yang dialami oleh gigi kamu agar penanganan yang diberikan tepat sasaran. Plak pada gigi dapat terjadi pada siapa pun. Bila dibiarkan akan memberikan dampak yang serius bagi kesehatan gigi kamu dan tentunya membuat kamu tidak nyaman ketika tersenyum atau tertawa.  Karena itu, diperlukan upaya untuk mencegah plak gigi. Yuk disimak apa saja yang dapat mencegah plak gigi!

Apa itu Plak Gigi?

Plak merupakan zat lengket yang melekat pada gigi. Seiring dengan waktu, plak dapat menumpuk menjadi karang gigi sehingga menghasilkan warna coklat atau kuning pada gigi. Plak gigi biasanya ditemukan pada permukaan gigi dan garis gusi.

Apa Penyebab Plak dan Mengapa Membahayakan?

Untuk mencegah plak gigi, kenali penyebab timbulnya plak gigi. Plak berkembang ketika makanan yang mengandung karbohidrat (gula dan pati), seperti susu, minuman ringan, kismis, kue, atau permen sering tertinggal di gigi. Bakteri yang hidup di mulut tumbuh subur di makanan ini, menghasilkan asam sebagai hasilnya. Selama periode waktu tertentu, asam-asam ini merusak enamel gigi, menghasilkan kerusakan gigi. Plak juga dapat berkembang pada akar gigi di bawah gusi dan menyebabkan kerusakan tulang yang mendukung gigi.

Bagaimana Mencegah Plak Gigi?

Plak gigi pada umumnya dapat dicegah dengan melakukan dan menjaga kebersihan gigi. Yuk disimak, cara untuk mencegah plak gigi:

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, dengan cara yang benar

Cara pertama untuk mencegah plak gigi adalah menyikat gigi dengan benar. Secara umum, kamu dianjurkan untuk menyikat gigi sehabis makan.  Kenyataannya, sebagian besar orang sulit membiasakan menggosok gigi setelah makan. Namun, setidaknya kamu menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Sangat penting untuk menggosok gigi sebelum tidur, agar sisa makanan tidak bersarang di gigi kamu sepanjang malam yang dapat menyebabkan terjadinya plak. Sementara itu, menyikat gigi pada pagi hari membersihkan dan memberi kesegaran pada gigi.

Gunakan sikat gigi berbulu halus dan ujung bulat serta gunakan pasta gigi yang mengandung flour. Bulu yang keras bisa merusak gusi kamu. Pastikan untuk mengganti sikat gigi kamu setiap 3-4 bulan. Jika sikat gigi terlalu usang, tidak akan berfungsi dengan baik. Ini penting untuk diperhatikan untuk mencegah plak gigi.

Menurut Nadia Armentrout, DDS, “Idealnya, kami ingin semua orang menyikat gigi setelah makan untuk menghilangkan plak segera setelah makan.”

Untuk mencegah plak gigi, kamu perlu menyikat gigi dengan benar. Seperti dilansir dari webmed.com, nah, ini dia caranya:
  1. Pegang sikat gigi kamu pada sudut 45 derajat ke gusi kamu saat kamu menyikat.
  2. Gunakan guratan melingkar yang lembut sekitar selebar gigi.
  3. Tutupi seluruh mulut kamu - permukaan luar dan dalam, dan puncak gigi kamu.
  4. Sikat lidah kamu untuk mengikis bakteri dan menyegarkan napas kamu.
  5. Habiskan 2 menit penuh untuk menyikat.

  • Gunakan benang gigi (dental floss)

Dental Floss atau benang gigi dapat mencagah plak gigi. Gigi kamu bukan satu-satunya tempat berkumpul plak melainkan juga di ruang diantara gigi kamu. Menurut Atusha Patel, DMD,”Menyikat gigi saja tidak menghilangkan plak dari sela-sela gigi.” Bersihkan gigi kamu dengan menggunakan dental floss agar partikel makanan dan bakteri hilang. Lakukan setidaknya sekali sehari.

  • Bersihkan dengan obat kumur

Menurut Atusha Patel, DMD,”Obat kumur umumnya membantu melonggarkan plak sehingga plak lebih mudah dihilangkan.”

Untuk penggunaan obat kumur yang tepat, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter gigi kamu. Beberapa obat kumur dengan alkohol dapat mengeringkan mulut kamu. Nah, hal itu tidak baik untuk pencegahan plak. Air liur kamu membantu menjaga kesehatan mulut kamu karena mulut kering dapat menyebabkan penumpukan jenis plak yang disebut plak lengket, yang lebih sulit dibersihkan.

Menurut Nadia Armentrout, DDS, “Saya biasanya merekomendasikan obat kumur berdasarkan kebutuhan pasien.” Ini penting dilakukan karena setiap orang memiliki masalah yang berbeda, seperti gigi berlubang, radang gusi atau mulut kering.

  • Selektif dalam memilih makanan

Menurut Atusha Patel, DMD, “Makanan manis dan makanan asam menyebabkan pembusukan.” Untuk itu kamu perlu selektif dalam memilih makanan untuk mencagah plak gigi. Hindari makanan yang manis dan asam.

Makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi membantu bakteri berkembang.  Semakin banyak gula, semakin banyak bakteri yang menempel pada gigi kamu.
Selain itu, makanan yang perlu dihindari adalah makanan bertepung seperti keripik, kentang dan roti, permen, minuman ringan berkarbonasi dan alkohol.

Apabila kamu memilih makanan ini, sebaiknya minum banyak air setelahnya untuk menghilangkan makanan yang menempel dan menjaga kelembapan mulut kamu.

  • Makanlah buah dan sayuran

Mulut yang sehat adalah mulut yang terhidrasi. Gigi kamu berisiko lebih tinggi membusuk bila mulut kamu kering. Nah, untuk membantu meningkatkan aliran air liur dan secara alami menghilangkan beberapa bakteri plak, makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Buah dan sayur ini bertindak sebagai sikat gigi alami untuk mencegah plak gigi. Sebelum kamu menyikat gigi, lebih baik makan buah dan sayur mentah beserta kulitnya untuk hasil terbaik.

Itulah ulasan singkat cara mudah dan efektif mencegah plak gigi. Semakin baik kamu merawat gigi, semakin sedikit plak dan karang gigi yang menumpuk. Lakukan cara ini secara konsisten untuk pencegahan plak gigi. Juga, pastikan untuk mengunjungi dokter gigi kamu secara teratur untuk kesehatan gigi kamu.

Written by: Uswatun Hasanah
Vimeloka.com, Updated at: May 09, 2019

0 comments:

Post a Comment